top of page
line.png

MENGATASI INFLASI SANGAT GAMPANG BAGI PRESIDEN BELARUSIA


Presiden Belarusia Aleksandr Lukashenko menyatakan diberlakukannya “larangan kenaikan harga” di Belarus mulai 6 Oktober. Setelah rapat kabinet Lukashenko mengumumkan :

“Mulai 6 Oktober kenaikan harga dilarang. Dilarang Mulai hari ini, bukan mulai besok, tetapi mulai hari ini. Agar mereka tidak terus menaikkan harga. Oleh karena itu, mulai hari ini, kenaikan harga dilarang. Tuhan melarang seseorang memutuskan untuk menaikkan harga atau melakukan indeksasi secara surut.”

Namun, Aleksandr Lukashenko mencatat bahwa mungkin ada pengecualian untuk komoditas tertentu, tapi harus dengan izin Menteri Peraturan dan Perdagangan Antimonopoli, gubernur, dan walikota Minsk.

Cara standar bagi ekonomi Dajjal untuk mengatasi inflasi adalah dengan menaikkan suku bunga acuan, padahal ini adalah jebakan yang justru akan mengerem aktifitas ekonomi, dan mendorong orang mengambil “bunga ribawi”.

Menurut teori ekonomi buatan AS itu, inflasi terjadi karena uang yang beredar terlalu banyak, dengan menaikkan suku bunga acuan. Untuk mengurangi peredaran uang, orang dipacu untuk menyimpan uangnya di bank karena “bunga yang sedang tinggi”. Tapi muncul juga masalah baru bagi yang melakukan usaha dengan modal hutang dari bank.

bottom of page